Inilah Sebab-sebab Seseorang Bisa Tertular Virus Corona


Virus corona hingga saat ini sudah menginfeksi lebih dari 1,8 juta penduduk dunia dan menyebabkan lebih dari 114.000 kematian. Di Indonesia jumlah kasus positif covid19 mencapai lebih dari 4.000 orang dengan jumlah kematian 373 jiwa. Besarnya jumlah kasus ini disebabkan karena cara penularan covid19 yang mudah sehingga dalam waktu dekat banyak orang bisa terinfeksi meski hanya didapatkan dari satu orang positif covid19. Apa saja sih faktor yang membuat resiko tertular virus berbahaya ini semakin besar? Berikut ini adalah hal-hal yang bisa membuat Anda rentan tertular covid19 sehingga perlu diwaspadai dan dihindari:

Berkerumun.

Makan di warung, cafe hingga antri di restoran membuat Anda berkerumun dalam satu tempat yang berdekatan dengan orang asing. Dari banyak orang tersebut bisa saja ada satu orang yang sudah positif covid19 namun tidak mengetahuinya dan berbicara atau bersin serta batuk yang dapat menularkan virus ke orang lain di sekitarnya. Virus yang dikeluarkan bisa langsung terhirup orang lain yang berjarak kurang dari 1 meter. Cara lain adalah virus menempel di pakaian atau meja yang nantinya dipegang oleh orang sehat dan tangannya digunakan untuk memegang area wajah sehingga virus bisa masuk ke dalam tubuh.

Memegang benda yang terkontaminasi.

Virus corona juga bisa menempel pada benda mati dan masih bisa hidup hingga beberapa jam bahkan hari. Belum jelas berapa lama virus bisa hidup di benda mati tersebut karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya seperti kelembaban, suhu dan sifat benda yang ditempeli. Namun saat virus masih hidup dan tangan Anda menyentuh benda tersebut lalu menggunakannya untuk menyentuh hidung, mata dan mulut maka virus bisa masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi.

Berada di wilayah pandemi.

Anda yang berada di wilayah pandemi akan lebih beresiko terkena infeksi covid19 dibandingkan mereka yang tidak berada di wilayah pandemi. Saat ini covid19 sudah menjadi pandemi di seluruh dunia, namun ada tempat-tempat dengan jumlah kasus yang masih kecil. Seperti misalnya di Indonesia, jumlah kasus terbesar ada di wilayah Jabodetabek, Jawa Timur dan Jawa Barat. Anda yang berada pulau Kalimantan memiliki resiko yang lebih kecil terkena covid19 dibandingkan mereka yang tinggal di Jawa.

Memiliki sistem imun tubuh rendah.

Sama seperti virus lainnya, covid19 juga bisa dikalahkan dengan sistem imun tubuh yang kuat. Bahkan mereka yang terinfeksi covid19 bisa tidak menunjukkan gejala meski di dalam tubuhnya sudah terinfeksi virus tersebut. Seseorang dengan sistem imun tubuh kuat dapat melawan infeksi virus sehingga virus akan mati dengan sendirinya.

Tidak menggunakan masker di luar rumah.

Masker bukan hanya digunakan untuk menyaring droplet yang keluar dari penderita penyakit saja namun juga bisa digunakan untuk menyaring udara yang dihirup oleh orang sehat. Gunakan masker saat di luar rumah untuk menyaring udara yang Anda hirup.

Dengan menjauhi faktor resiko tersebut di atas, Anda akan meminimalisir penularan virus corona pada diri sendiri. Selain itu jangan mudah stres karena ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan justru akan melemahkan sistem imun. Saat Anda sakit, jangan keluar rumah, lakukan konsultasi secara online dengan dokter menggunakan aplikasi Halodoc. Halodoc akan membantu menganalisa penyakit Anda dan mengirimkan obat yang dibutuhkan ke rumah. Tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga tubuh dari dalam.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Sebab-sebab Seseorang Bisa Tertular Virus Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel