Mau Bikin Website? Yuk, Kenalan Dulu dengan Domain dan Jenisnya!

Mau Bikin Website? Yuk, Kenalan Dulu dengan Domain dan Jenisnya!

Bagi programmer atau web desainer, membuat website merupakan hal yang mudah. Namun, beda halnya dengan pemula. Kamu yang masih belum mengetahui hal apapun terkait website akan terasa sulit. Tapi jangan bingung, kenyataannya tidak sesulit yang kamu pikirkan kok. Ada beberapa hal dasar yang harus diketahui, salah satunya domain Indonesia. Kira-kira apa sih domain itu? Dan dimana mencari domain Indonesia dengan harga murah? Informasi berikut akan membantu kamu.

Pengertian Domain

Kalau kamu ingin membuat situs baik untuk kepentingan pribadi atau bisnis, pasti berhubungan dengan yang namanya domain. Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protocol (IP), karena umumnya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Domain Indonesia menjadi aspek yang sangat penting karena berguna sebagai sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi terkait sesuatu yang mereka mau.

Mengenal Jenis-Jenis Domain

Domain terbagi ke dalam beberapa jenis dan setidaknya ada tiga jenis domain yang kerap digunakan. Tiga jenis tersebut, di antaranya top level domain, second level domain, dan third level domain. TLD atau Top Level Domain adalah ekstensi yang terdapat di akhir nama sebuah domain. Misalnya, dalam “www.dewaweb.com,” yang disebut TLD adalah akhiran “.com.” TLD terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni Global Top Level Domain dan Country Code Level Domain. Domain untuk kategori Global Top Level biasanya menggunakan .com, .net, .org, .edu, dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk kategori Country Code Level sering dipakai di negara-negara tertentu. Contohnya .id untuk domain Indonesia, .cn untuk Tiongkok, atau .my untuk Malaysia.

Jenis berikutnya yaitu Second Level Domain (SLD) atau 2LD, merujuk pada nama instansi, organisasi, atau nama pilihan yang digunakan. Jika kamu ingin membuat website dengan jenis domain SLD, lebih baik pilih nama yang familiar dan mudah dibaca oleh pengunjung situs. Selain itu, kamu juga wajib melakukan pembaruan secara berkala paling tidak selama satu tahun.

Ketiga, ada Third Level Domain atau 3LD, merupakan subdomain. Nama dari 3LD bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan setelah kamu memiliki SLD. Bila kamu membuat situs untuk kebutuhan email, bisa tambahkan 'webmail.namadomain.com'. Begitu juga untuk hal-hal lain, mulai dari blog, promo, dan lain-lain.

Selektif Memilih Jasa Hosting untuk Domain Indonesia

Adanya domain bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan pengguna website. Maka itu. kamu perlu menggunakan jasa layanan cloud hosting yang terpercaya. Kamu bisa memilih untuk membeli domain Indonesia di Dewaweb. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mencari informasi situs penyedia hosting di mesin pencarian dan pilih yang reputasinya baik. Cari promo yang sesuai dan testimoni positif yang didapat dari pelanggan sebelumnya.

Selain reputasi, penting juga untuk memilih domain Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan. Harga dari setiap domain berbeda-beda, mulai dari puluhan hingga jutaan rupiah. Umumnya harga tersebut bisa berlaku untuk satu tahun. Sebelum menentukan pilihan, carilah informasi terkait daftar harga yang ditawarkan oleh situs penyedia layanan hosting.

Terakhir, harus tetap menguntungkan kamu nih. Nggak cuma harga yang terjangkau, tapi promo yang ditawarkan oleh situs penyedia layanan hosting juga wajib kamu pertimbangkan. Salah satunya bisa mencoba promo paket cloud hosting dari Dewaweb yang menawarkan fee lifetime domain. Kamu pun bisa mendapatkannya dengan mengunjungi 'dewaweb.com/hosting-murah' untuk melakukan transaksi pembelian.

Belum ada Komentar untuk "Mau Bikin Website? Yuk, Kenalan Dulu dengan Domain dan Jenisnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel