Menu Makanan Sehat untuk Berkendara Jarak Jauh Menurut Otoklix


Liburan sekolah biasanya dihabiskan dengan bepergian ke luar kota mengendarai mobil bersama keluarga. Karena jaraknya yang jauh, butuh persiapan yang matang mulai dari kondisi kendaraan hingga fisik yang sehat. Maka itu, disarankan mengonsumsi atau membawa perbekalan menu makanan sehat supaya tubuh tidak mudah lelah. Berikut adalah sejumlah menu makanan sehat yang direkomendasikan Otoklix menjadi bekal di jalan.

1. Ikan salmon

Menu makanan sehat yang bisa dikonsumsi saat berkendara jarak jauh yakni ikan salmon. Ikan ini dipercaya mengandung banyak nutrisi dan protein serta asam lemak Omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk otak dan tubuh.

2. Buah jeruk

Buah kaya akan vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan dapat membuat tubuh tetap bugar, jeruk juga dapat mengencangkan kulit karena mengandung kolagen.

3. Oatmeal

Makanan dengan kandungan serat tinggi ini umumnya disantap pada pagi hari atau sarapan. Karena kandungannya, makanan ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Jika lapar di malam hari Anda bisa mengonsumsi oatmeal dalam bentuk snack seperti granola bar atau cookies.

4. Buah beri

Stroberi, blueberry dan raspberry merupakan jenis buah manis yang tergolong dalam buah beri. Kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi  yang dapat menangkal banyak penyakit. Selain dapat dimakan langsung Anda dapat menjadikannya snack, smoothies atau sebagai campuran yogurt dan sereal sesuai selera.

5. Yogurt

Bagi Anda yang sering memiliki masalah dengan sistem pencernaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Mengandung probiotik yang sehat untuk kesehatan usus dan juga memiliki beberapa kandungan lain yang sangat baik untuk tubuh seperti, kalsium, vitamin B12, fosfor dan zinc. Makanlah Yoghurt tanpa rasa supaya mendapat ekstra protein dan tidak terlalu banyak gula tambahan.

6. Telur

Menu makanan sehat selanjutnya adalah Telur. Benda bulat ini diyakini mengandung hampir semua zat gizi makro dan mikro yang penting untuk tubuh. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Sementara itu, kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, disarankan untuk menyajikan telur rebus atau kukus.

7. Brokoli

Tidak usah diragukan sayuran merupakan makanan sederhana yang kaya akan nutrisi. Brokoli mengandung vitamin A, C, Folat dan vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

8. Teh hijau

Jenis yang satu ini memiliki lebih banyak manfaat dibanding teh biasa. Mengandung antioksidan dan dapat mengurangi inflamasi.

Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan teh hijau sangat cocok untuk dijadikan teman dalam perjalanan diet Anda, cobalah untuk mengkonsumsinya secara rutin setelah makan atau beberapa jam sebelum tidur.

Selain mengonsumsi makanan ada beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda batasi atau hindari seperti minuman dengan kadar gula tinggi, makanan instan maupun makanan ringan kemasan.

Tak hanya menu makanan sehat, ada beberapa persiapan lain jika ingin bepergian jarak jauh menggunakan mobil. Berikut ulasannya.

Cek Kondisi Mobil

Selain menyiapkan tubuh yang sehat, jangan lupa untuk memeriksa kondisi mobil. Ini penting supaya perjalanan jauh Anda tidak terganggu dengan hal-hal seperti mobil mogok dan lain-lain.

Sebelum bepergian jauh, sebaiknya cek sejumlah komponen di mobil Anda seperti air radiator, filter dan selang bensin, busi dan oli mesin, kipas pendingin mesin atau AC, aki, timing belt, rem mobil, saringan udara, lampu, wiper, dan kondisi ban termasuk ban cadangan. Jika tidak sempat memeriksa itu semua, bawalah mobil Anda ke bengkel mobil terpercaya maupun bengkel ganti oli terdekat.

Rute Perjalanan yang akan Dilalui

Tips perjalanan jauh naik mobil yang aman dan nyaman berikutnya yakni menyiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Dengan menentukan jalur mana saja yang akan dilewati membuat pengemudi tidak membuang-buang waktu untuk mencari jalur perjalanan menuju tujuan.

Menentukan rute perjalanan juga bisa memanfaatkan aplikasi penentu arah. Namun, jangan terlalu percaya terhadap aplikasi tersebut karena bisa saja mobil Anda di bawa ke jalur yang salah.

Siapkan Bahan Bakar

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan bahan bakar mobil sudah terisi penuh. Jangan sampai mengisi bahan bakar menjadi penghambat perjalanan karena harus mengantri di pom bensin yang tentunya membuang-buang waktu.

Gunakan bahan bakar berkualitas baik supaya mesin mobil tetap awet dan performanya selalu maksimal.

Bawa Barang Seperlunya

Biasanya saat ingin bepergian jauh, orang akan menyiapkan beberapa barang keperluan yang paling sering dipakai. Misalnya obat-obatan, perlengkapan bayi dan anak, serta barang elektronik seperti power bank.

Barang-barang tersebut wajib kamu letakkan atau rapikan di tempat yang mudah terlihat, sehingga saat ingin memakainya kamu tidak kewalahan mencari.

Istirahat Minimal 2 Jam

Jika perjalanan yang dilakukan memakan waktu lebih dari 5 jam, maka lakukan jeda di sela-sela perjalanan seperti istirahat setiap 2 jam. Istirahatkan tubuh minimal 15-30 menit. Berbeda dengan laki-laki, tubuh perempuan rentan lelah dan membutuhkan banyak istirahat dan asupan gizi yang seimbang

Selain mengembalikan kesegaran dan fokus pengemudi, istirahat juga bertujuan untuk mendinginkan mesin kendaraan. Sehingga tidak ada salahnya untuk memasukkan istirahat ke dalam tips aman perjalanan jauh dengan mobil.

Berkendara Secara Aman

Salah satu hal yang wajib diperhatikan pengemudi yakni berkendara secara aman. Jaga jarak mobil apabila melalui jalan bebas hambatan atau tol. Pastikan kecepatan mobil sesuai dengan rambu-rambu yang berlaku agar keselamatan penumpang terjaga.

Putar Musik dan Lagu Kesukaan

Perjalanan jauh biasanya membuat pengemudi maupun penumpang merasa bosan, karena terus berada di dalam mobil. Kondisi ini tentu tidak baik dan membuat perjalanan jadi tidak menyenangkan.

Maka itu, adanya musik atau hiburan lain seperti podcast bisa menghidupkan kembali suasana liburan. Anda dan keluarga bisa saling mengobrol sambil berbagi tawa bersama. Momen ini sangat berharga dan sangat disayangkan bila dilewatkan.

Hindari Melakukan Perjalanan Malam Hari

Sebagian orang suka bepergian jauh saat malam hari karena suasananya sejuk dan tidak banyak pengemudi lainnya. Namun di satu sisi, mengemudi di malam hari juga mempunyai risiko yang cukup besar apalagi bagi seorang perempuan misalnya seperti jalanan yang sepi hingga suhu udara yang dingin bisa membuat pengemudi hilang kewaspadaan.

Belum ada Komentar untuk "Menu Makanan Sehat untuk Berkendara Jarak Jauh Menurut Otoklix"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel