Kenali Ciri-ciri Dana Pinjaman Cepat yang Merugikan Berikut Ini Agar Tidak Tertipu!

Kenali Ciri-ciri Dana Pinjaman Cepat yang Merugikan Berikut Ini Agar Tidak Tertipu!

Masalah keuangan yang terjadi di dalam keluarga menjadi salah satu alasan banyak orang yang mengajukan pinjaman atau apply kredit. Di Indonesia sendiri ada begitu banyak diantara lembaga keuangan yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membantu memberikan bantuan keuangan kepada Anda. Seperti diantaranya adalah bank sampai sekarang juga muncul fintech. Istilah yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini. karena memang mereka memberikan bantuan dana pinjaman cepat dengan mudah, yaitu secara online.

Banyak masyarakat yang memang lebih senang cara praktis maka memilih untuk mengajukan pinjaman kesini. Mengingat prosesnya cepat, bahkan terkadang hanya dalam jangka waktu 24 jam saja nantinya uang akan langsung dicairkan ke nomor rekening Anda. Namun satu hal yang patut diketahui bahwa memang tidak semua lembaga keuangan ini akan menjamin keamanan. Banyak juga diantara resiko yang harus ditanggung jika seandainya memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke sebuah lembaga pembiayaan. Tak jarang juga yang sampai menimbulkan masalah hukum.

Untuk itu maka ada baiknya bagi Anda dalam mengenali ciri-ciri antara pinjaman yang merugikan berikut ini, sehingga tak sampai salah jalan, yaitu:
  • Menerapkan suku bunga yang besar, Anda dapat melihat dari segi suku bunga yang diberikan oleh lembaga keuangan tersebut. Karena pada dasarnya ada nominal yang termasuk normal, namun juga ada bunga yang besar atau terlalu memberatkan. Itulah mengapa hendaknya Anda membanding-bandingkan terlebih dahulu antara satu lembaga keuangan dengan yang lainnya. Jika seandainya mereka menerapkan bunga yang besar sudah pasti akan merugikan nasabah di masa mendatang, karena pengembalian hutang tersebut menjadi berat.
  • Banyak biaya tambah, faktanya bukan sekedar bunga, melainkan nasabah nantinya juga akan dikenai dengan biaya tambah lain dalam rangka pengajuan kredit ini. Hanya saja jika seandainya biaya tambah tersebut terlalu banyak ragamnya, dengan nominal yang besar pula sudah pasti juga akan merugikan Anda bukan. Memberatkan pengembalian hutangnya di masa mendatang.
  • Tidak memaparkan prosedur kredit dan biaya-biaya secara transparan, termasuk jika seandainya nasabah telat membayar cicilan atau telah melunasi hutang. Maka bagaimanakah nantinya skema untuk pemberian denda. Inilah yang tidak disangka-sangka sebenarnya begitu merugikan nasabah. Karena tanpa mereka sadari ternyata hutang menumpuk berkali-kali lipat jadi lebih besar padahal hanya telat membayar cicilan beberapa hari saja.
  • Belum terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan, pentingnya memilih lembaga yang sudah terdaftar OJK dan juga diawasi oleh mereka tak kalah penting. Karena hal ini berhubungan dengan keamanan dari perusahaan pembiayaan tersebut. Lembaga yang belum terdaftar OJK pada dasarnya memang belum memenuhi standar keamanan yang sudah ditentukan.
  • Mengakses semua media yang ada pada ponsel Anda, untuk pinjaman secara online atau dari fintech tak jarang diantara lembaga yang mengakses semua media Anda mulai dari gambar, nomor ponsel dan lain sebagainya, ini sangat meragukan, karena kelak mereka akan menyebarkan hal-hal yang tidak Anda kehendaki. Hal ini mudah sekali dilihat pada saat menginstal aplikasi tersebut di ponsel.
Itulah diantaranya langkah mudah untuk mengetahui ciri-ciri dana pinjaman cepat yang merugikan. Jangan sampai nantinya Anda terjebak mengajukan pinjaman kesana. Karena sudah pasti akan menyesal. Ketahui juga bahwa pada dasarnya ada banyak sekali alternatif lembaga yang mau memberikan pinjaman uang. Untuk itu hendaknya bisa pilah-pilih terlebih dahulu.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Ciri-ciri Dana Pinjaman Cepat yang Merugikan Berikut Ini Agar Tidak Tertipu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel