Merk Pembalut Yang Aman Dan Tidak Mengandung Klorin

Merk Pembalut Yang Aman Dan Tidak Mengandung Klorin

Menurut Direktorat Jenderal (Dirjend) Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Dra Maura Linda Sitanggang Phd, Apt, pihaknya telah melakukan uji keamanan, mutu dan kemanfaatan produk dari laboratorium yang terakreditasi.

"Terhadap produk-produk tersebut dilakukan uji kesesuaian terus menerus secara berkala selama produk di peredaran dalam rangka post market surveillance melalui sampling dan pengujian ulang," ungkap Maura saat konferensi pers di Gedung Kemenkes Ruang Mahar Mardjono, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/7/2015).

Menurut Maura, pihaknya akan menindak tegas produsen-produsen nakal yang mengeluarkan produk tidak sesuai aturan yang dibuat oleh Kemenkes. Dia menambahkan, akan segera memerintahkan produsen atau distributor untuk menarik produk tersebut dari pasaran.

"Berdasarkan hasil sampling yang dilakukan terhadap pembalut wanita di peredaran yang dilakukan pada tahun 2012 sampai pertengahan 2015 tidak ditemukan pembalut yang tidak memenuhi syarat," tutur dia.

Atas dasar itu, Kemenkes menyarankan agar Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang sebelumnya menggulirkan penyataan tersebut dapat segera memberikan klarifikasi terhadap temuannya. Maura meminta YLKI dapat melakukan pengujian kadar klorin pada pembalut wanita secara detail wujud dan senyawa kimia yang ditemukan.

"Kekhawatiran terhadap klorin yang menyebabkan kanker tidak beralasan karena semua pembalut wanita yang beredar dipasaran telah memenuhi persyaratan dan keamanan, mutu, dan kemanfaatan serta dilakukan kemanfaatan serta dilakukan pengawasan rutin melalui pengujian ulang," pungkas dia.

Berikut daftar merk pembalut yang berkualitas baik, meski mengandung klorin tapi dalam kadar yang aman dan sehat apabila digunakan karena telah lulus uji bpom dan menurut saran dari dokter.
  1. Charm, kandungan klorin 54,73 ppm
  2. Nina Anio, kandungan klorin 39,2 ppm
  3. My Lady, kandungan klorin 24,44 ppm
  4. VClass Ultra, kandungan klorin 17,74 ppm
  5. Kotex, kandungan klorin 8,23 ppm
  6. Hers Protex, kandungan klorin 7,93 ppm
  7. Laurier, kandungan klorin 7,77 ppm
  8. Softex, kandungan klorin 7,3 ppm
  9. Softness Standart Jumbo Pack, kandungan klorin 6,05 ppm

Belum ada Komentar untuk "Merk Pembalut Yang Aman Dan Tidak Mengandung Klorin "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel